Karakter Pasangan Berdasarkan 10 Suku di Indonesia

sebelum kita merid (baca: menikah) alangkah baiknya kita mengenal karakter masing-masing pasangan kita, ini merupakan salah satu usaha kita agar perjalanan rumah tangga kita bisa lancar sampai maut yang memisahkan.

sengaja mimin ambil 7 suku besar ini, karena memang mimin pernah merasakan membaur dengan 7 suku ini, untuk suku yang lain.

1. Suku Jawa

Setiap karakter berdasarkan suku pasti selalu ada kurang dan lebihnya. Orang Jawa terkenal dengan sifatnya yang sabar, tidak suka menuntut, tidak boros, dan tidak matrealistis. Namun, biasanya mereka tidak mudah untuk mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan. Mereka cenderung diam, namun akan meledak-ledak ketika perasaannya sudah membuncah.

Jika Anda akan dikenalkan dengan keluarganya, terutama orangtuanya, ingatlah bawa orang Jawa sangat mengutamakan sopan santun dan tata karma. Biasakanlah untuk berbasa-basi dengan bahasa yang sopan. Selain itu, Anda harus mengerti kapan Anda harus berbicara dan kapan harus diam, hehe menantang bukan. tetapi ini bukan karakter keseluruhan orang jawa y gan, pasti ada pengecualian seperti orang jawa nggk boros, orang jawa pasti setia, jadi yang saya jelaskan diatas merupakan karakter umum, untuk lebih spesifiknya agan harus melihat mengenalinya dengan pacaran dahulu selama beberapa waktu, karena pengalaman saya setiap individu mempunyai karakter unik, bahkan bapak ibunya yg cerewet tetapi anaknya ada yg pendiam hehe, makanya pendekatan secara personal tetap dibutuhkan disini.

2.Suku Sunda

Sunda berasal dari kata Su = Bagus/ Baik, segala sesuatu yang mengandung unsur kebaikan. Orang Sunda diyakini memiliki etos/ watak/karakter Kasundaan sebagai jalan menuju keutamaan hidup. Watak / karakter Sunda yang dimaksud adalah cageur (sehat), bageur (baik),bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter(pandai/ cerdas) yang sudah dijalankan sejak jaman Salaka Nagara sampai ke Pakuan Pajajaran. Orang Sunda bila diamati sekilas perilakunya hampir sama dengan orang Jawa Tengah. Mereka lembut dalam bertutur, sopan dan menjaga etika.Orang Sunda terkenal dengan sifatnya yang ramah dan periang. Para wanita Sunda biasanya memiliki paras yang cantik dengan nada bicara yang membuat orang jatuh hati. Sedangkan para pria Sunda merupakan orang yang suka mengeluarkan humor yang dapat membuat suasana lebih cair.

bagi agan yang ingin mencari pasangan cewek sunda maka harus mengenal karakter umum (minus bagi pendapat beberapa orang) yaitu suka dandan, kalau dandan kan butuh modal alias uang , makanya cewek sunda terkenal membutuhkan biaya yang besar, jika agan mampu maka tidak masalah karena itu merupakan salah satu hak istri untuk meminta kosmetik dll, tetapi jika agan tidak mampu ya agan harus mencari alternative lain deh hehe, cewek sunda memang secara umum karakternya bertabrakan dengan cewek jawa untuk masalah kosmetik, dimana suku jawa terlihat minimalis dandanannya.

Jika Anda sedang menjalin kasih dengan orang Sunda, belajarlah untuk lebih asyik, pandai basa-basi, senang mengobrol, ramah, dan suka bercanda. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda ingin dekat dengan keluarganya.

3.Suku Betawi

Kebanyakan orang Betawi adalah mereka dengan sifat apa adanya, terutama soal apa yang mereka katakan. Jika ada yang mereka tidak sukai dari Anda, biasanya mereka akan berusaha terus terang dengan maksud agar Anda bisa memperbaiki diri. Orang Betawi juga dikenal dengan prinsipnya yang teguh. Jadi, jika Anda ingin dekat dengan keluarganya, janganlah terlihat seperti orang yang plin-plan atau ragu.

4.Suku Minang

Banyak yang mengatakan bahwa kebanyakan orang Minang itu pelit. Nyatanya tidak demikian. Orang Minang adalah mereka yang pandai mengelola keuangan dan tidak boros. Selain itu, orang Minang terkenal gigih dan pantang menyerah. Terbukti dari banyaknya pemuda Minang yang memutuskan untuk merantau agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Jika Anda lelaki yang sedang mendekati wanita Minang, buktikan pada keluarganya bahwa Anda adalah lelaki relijius yang tidak pantang menyerah untuk mendapatkan hati anak wanitanya. Namun jika Anda wanita yang sedang mendekati pria Minang, pastikan Anda bukanlah wanita yang boros.

5.Suku Manado

Selain Sunda, orang Manado juga memiliki fisik yang hampir sempurna. Selain itu, orang Manado juga sangat suka dengan perayaan. Pindah rumah, acara ulangtahun, atau pesta pernikahan, pasti mereka akan merayakannya dengan besar-besaran. Hal tersebut yang menandakan bahwa orang Manado memiliki cinta kasih dan selalu mencoba memelihara hubungan baik terhadap sesama.

6. Suku Aceh

Bagi orang Aceh, prinsip adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dengan gigih. Selain itu, harga diri merupakan sesuatu yang harus dijunjung tinggi. Bagi Anda yang sedang menjalin hubungan dengan orang Aceh, pastikan Anda adalah seseorang yang memiliki prinsip dan optimistis. Tunjukan juga hal tersebut pada keluarganya.

7. Suku Batak

Dari caranya berbicara, Anda pasti tidak heran jika kebanyakan orang Batak mempunyai sifat yang keras dan lugas. Jika tidak suka terhadap sesuatu, mereka akan mengatakan tidak suka. Jika ada hal yang tidak benar, mereka akan mengatakan bahwa itu tidak benar. Selain itu, orang Batak terkenal pantang menyerah, percaya diri, dan penolong. Maka tidak heran jika orang Batak memiliki banyak teman.

Untuk wanita yang sedang berhubungan dengan orang Batak, bersyukurlah. Mereka akan menjaga dan melindungi Anda serta memperjuangkan Anda sampai titik darah penghabisan. Jika Anda pria yang sedang menjalin cinta dengan wanita Batak, jadilah sosok yang cerdas dan tegas.

8. Suku Madura

Ini merupakan wilayah terkenal di area Jawa Timur bahkan di seluruh Indonesia. karakter orang madura bisa dibilang tidak suka neko-neko untuk masalah kosmetik hehe, mereka terkesan lebih cuek terhadap penampilan yang glamour alias sederhana. karakter cowoknya pun banyak terkenal sebagai karakter pekerja keras, tetapi minusnya mereka terbiasa blak-blakan ngomongnya jadi terkesan kasar, dan satu hal lagi,karakter laki2 madura yang sukses termasuk suka poligami lo, mereka bersaing ketat dengan lelaki suku bugis hehe. sekali lagi itu yang mimin temui selama bergaul dengan mereka, bagi saya poligami tidak masalah asal mampu adil membagi kebutuhan jasmani dan rohani bagi pasangannya, daripada pasangan aganwati jajan (baca: suka pelacur) mending berpoligami kan, sekali lagi ini pendapat saya yang belum tentu sesuai dengan pendapat agan dan aganwati.

Madura, menurut penelitian A. Latief Wiyata, dosen FISIP Universitas Jember, memang memiliki karakteristik sosial budaya (sosbud) khas yang dalam banyak hal tidak dapat disamakan dengan karakteristik sosbud masyarakat etnik lain. Suatu realitas yang tidak perlu dipungkiri bahwa karakteristik sosial budaya Madura cenderung dilihat orang luar lebih pada sisi yang negatif. Pandangan itu berangkat dari anggapan bahwa karakteristik (sikap dan perilaku) masyarakat Madura itu mudah tersinggung, gampang curiga kepada orang lain, temperamental atau gampang marah, pendendam serta suka melakukan tindakan kekerasan. Namun orang Madura memiliki etos tinggi dalam berdagang dan bernegoisasi. Mereka sangat andal dalam meyakinkan seseorang walau dengan cara yang kurang halus.

9. Suku Banjar

Banjar memiliki gaya bicara yang cepat dan terkesan ramai. Orang banjar juga memiliki sikap yang blak-blakan tetapi tidak mudah marah dan mudah bergaul. Dari segi fisik, gadis banjar terlihat cantik-cantik. Selain itu gadis banjar juga di kenal agamis. untuk lelakinya suku banjar juga terkenal setia dan tidak suka aneh-aneh, makanya banyak pasangan dengan suku banjar awet sampai tua.

10. Suku Melayu

Rata-rata orang melayu memiliki sifat “pemalas”. Orang melayu lebih suka untuk hidup bersahaja daripada hidup bersusah payah. Memiliki harga diri yang tinggi dan suka memberikan makna tersirat dalam ucapannya, serta suka berbasa-basi. karena ingin menikmati hidup tanpa yang aneh-aneh inilah mereka terkenal “pemalas” dimana tingkat kesejahteraan orang melayu di bawah suku pendatang karena kurang motivasi untuk meningkatkan taraf hidup. sekali lagi itu bukan karakter keseluruhan ya, tetapi sebagian umum memang orang melayu tidak suka melakukan hal beresiko yang memberikan keuntungan lebih (dalam artian negatif : baca : korupsi)

tetapi mempunyai pasangan orang melayu membuat agan dan aganwati tenang karena mereka tidak mempunyai karakter meledak-ledak ,,,atau bisa dibilang standard dalam berbagai hal.

11. Suku Dayak

Suku dayak merupakan suku asli kalimantan yang hidup di daerah pedalaman. Orang suku dayak cenderung ramah tamah dan pemalu. Mereka selalu menerima pendatang dengan tangan terbuka. Dalam adat istiadat suku dayak, mereka sangat menghargai perempuan, tak jarang banyak yang mengatakan kalau menikah dengan perempuan dayak biayanya mahal. Karakter perempuan dayak di kenal suka menjaga hubungan baik terhadap sesama, mereka juga tidak gampang percaya terhadap orang asing.

untuk karakternya mirip orang melayu, cewek dan cowok dayak tidak terlalu berambisi dan cenderung bersahaja.

11. Suku Bugis

Orang bugis memiliki ciki khas yang menarik. Cewek bugis di kenal dengan karakter keras dan sangat menjunjung tinggi kehormatan. Demi mempertahankan kehormatan dirinya, mereka tak segan-segan untuk melakukan tindak kekerasan. Di balik sifat keras tersebut, cewek bugis juga di kenal ramah dan menghargai orang lain.

perlu saya garis bawahi nih gan, menikah dengan cewek bugis biayanya tidak murah loooo…. lah kok bisa gan? karena mereka menjunjung tinggi adatnya, menikah cewek bugis harus menyiapkan mahar (baca: beda dengan biaya nikah) yang tidak sedikit, biasanya mahar melalui negosiasi langsung dengan keluarga besarnya, semakin tinggi kedudukan keluarga tersebut dan tingkat pendidikan cewek agan maka semakin mahal, makanya disulawesi mahar cewek rata-rata diatas 40 juta hehe.

untuk karakter cowok bugis sendiri, mereka terkenal keras dan setia kawan, bahkan cenderung untuk melakukan hal fisik jika memang melakukan kesalahan fatal, oleh karena itu bagi aganwati harus banyak bersabar jika berpasangan dengan lelaki bugis, tetapi jika aganwati tidak melakukan kesalahan, terbuka, sabar dengan suami, saya yakin pasangan aganwati akan semakin cinta hehe.

12. Suku Bali

Karakter orang Bali adalah Baik, penyayang, ramah, tidak kasar, mudah bergaul, suka menolong. Jika ada menganggap orang Bali itu jahat itu tidak benar. Karena pada dasarnya semua suku di Indonesia sangatlah baik.Karena watak Orang Bali (cewek-cowok) begitu menarik, maka orang Bali pantas dijadikan jodoh.

Ciri khas orang Bali yang mau membantu sesama manusia, menjadi daya pikat bagi semua orang untuk menerima kehadiran orang Bali dijadikan sebagai saudara di tengah-tengah masyarakat dan negara. Kesan negatif orang Bali adalah hal yang paling ingin diketahui bagi mereka yang saat ini sedang bersama atau baru berteman dengan suku Bali. Padahal kesan negatif itu muncul karena ada anggapan negatif yang berlebihan. Pada dasarnya, kesan positiflah yang selalu ada di suku Bali. Prinsip orang Bali adalah hidup mandiri dan saling membantu orang lain.
Orang Bali boleh menikah dengan suku lain, asal kedua pasangan saling mencintai satu sama lain.

Demikian yang bisa mimin sampaikan semoga menjadi masukan bagi agan dan aganwati dalam mendalami calon pasangannya masing-masing, semua yang mimin terakan diatas bukan pasti benar, karena karakter individu pasti mempunyai keunikan masing-masing, yang mimin sampaikan hanya karakter umumnya saja.

Previous

Next